Monday, January 18, 2016

menghilangkan jerawat dengan jahe parut

Tips menghilangkan jerawat dengan jahe ternyata menjadi salah satu cara alternatif untuk mengatasi masalah jerawat diwajah. Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Ciri--ciri morfologis jahe
Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus. Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.

Kandungan Jahe
Jahe merupakan tanaman yang kaya akan khasiat bagi kesehatan. Misalnya senyawa Phenol, terbukti memiliki efek anti-radang dan diketahui ampuh mengusir penyakit sendi juga ketegangan yang dialami otot. Selain phenol, rimpang jahe juga mengandung zingilberene dan shogol. Senyawa ini dikenal baik sebagai anti-oksidan dan juga efektif melawan penyakit kanker pun jantung.
Senyawa penting lainnya yang dijumpai pada rimpang jahe adalah minyak atsiri. Minyak ini bermanfaat untuk mereduksi nyeri, sebagai anti-imflamasi dan juga pembasmi bakteri yang baik.

Tips Alternatif Menghilangkan Jerawat dengan Masker Jahe

Bersihkanlah jahe dengan mencucinya usai mengupas kulit.
Parut jahe hingga halus dan sisihkan.
Cuci muka terlebih dahulu menggunakan air hangat.
Pada kulit yang berjerawat tempelkan parutan jahe.
Diamkan selama 15 menit
Kembali bersihkan wajah dari sisa masker jahe kemudian gunakan handuk bersih untuk menepuk-nepuk secara perlahan.

http://perawatankesehatanmuka.blogspot.com/2016/01/menghilangkan-jerawat-dengan-jahe.html